Rabu, 08 Juni 2011

Kisah Nyata Pengaruh Didikan Orang Tua

    Hello guys, whats up? gw harap lo smua baik2 aja.. oke, malam ini gw angkat topik pengaruh didikan orang tua? sadar nggak guys klo cara berpikir, bersikap anak 90% dipengaruhi oleh didikan orang tua... Gw uda lakuin survey kecil2an tentang hal ini... n gw sedih banget karena ternyata pendidikan orang indonesia ada yang keblabasan tapi jg ada yang kekurangan... hahhaha.. pasti lum pada ngerti? hmm... Yeah, emang gw lum jadi ibu-ibu yang punya anak, tapi gw juga punya pemikiran sendiri tentang mendidik anak... Kenapa gw ngomong hal gini? gw salah satu anak yang dididik n gw sangat dipengaruhi oleh didikan orang tua gw... 
        Beberapa hari lalu gw nonton film judulnya Gifted Hands.. tentang Ben Carson Story... disitu gw sangat sangat sangat sangaaaatttt terpukau oleh cara mendidik mama ke anaknya.. gw selama berkeliaran di Indonesia nggak pernah nemu model didikan kayak gitu. so,pengen tau? nonton aja gifted hands..

         Oke, sekarang gw akan kemukain satu-satu tipe didikan yang gw lihat dari sekeliling gw (tapi mohon maaf klo tulisan gw mungkin nggak teratur, gw hanya ngemukain pendapat gw):

1. Ciri2: Orang tua mendidik anak untuk taat 100%, kekerasan fisik terkadang dilakukan apabila anak nakal, sering melontarkan komentar negatif kepada anak (misal:bodoh, pemalas, jelek, dll), apabila anak salah maka kesalahan sering dikemukakan di muka umum. 
Akibat pada anak: anak jadi malu/ minder, anak takut melakukan kesalahan, terkadang anak kehilangan motivasi, anak akhirnya kesulitan untuk mengemukakan pendapat atau menolak sesuatu karena takut orang itu marah pada si anak,  anak seringkali tidak mau terbuka.
Contoh: gw!.. yeah, itu pengalaman gw. gw jadi sering takut mengemukakan pendapat, takut ditolak,dll. gw berusaha menyenangkan semua orang karana gw takut orang itu nolak gw. di satu sisi baik sih mengajar gw untuk taat, tapi di sisi lain gw jadi manusia takut tertolak. Miss Yes kayaknya panggilan gw, apa2 iya.. sulit banget gw bilang nggak.. gw takut dikasih saran,kritik, karena pengalaman gw , perbuatan salah gw yang uda gw sesali dibilangin ke muka umum. Sakit lho rasanya digituin apalagi kalau dikomentari negatif, langsung ngedrop pikiran gw walaupun dari luar gw keliatan tegar n cuek... terkadang gw sering berpikir gw pengen kabur ke luar negeri setelah semuanya selesai. hahahhaa.. yeah, contoh kecil aja.. ada yang ngalamin? yok, sharing bareng ^^.
Contoh2: Temen gw, sebut saja Anton. Anton jadinya takut bergaul ma orang n prestasinya di bawah rata-rata karena sering diberi komentar negatif dan ternyata dia teramat sangat memikirkan perkataan orang tuanya tersebut. seperti gw, takut tertolak.

2. Ciri2: Orang Tua mendidik anak untuk takut pada orang tua, kekerasan fisik kerap kali dilakukan, cacian,hinaan udah biasa
Akibat: anak tertekan lahir batin, anak seringkali jadi pendiam atau jadi anak yang nakalnya luar biasa, anak bisa saja takut pada orang lain, sering menyendiri atau lari ke hal-hal negatif.
Contoh: Temen gw, sebut saja Nova... Banyak ternyata yang ortunya "gila" kayak gini. temen gw cewek dipukul pake kayu coba, cacian uda biasa.. Nova sering nangis-nangis nggak mau pulang. Kuliah pun ternyata hanya ajang untuk kabur dari ortunya. dia penyendiri, pendiam, bicara sedikit, tapi mukanya kayak mau nangis tiap hari. Kalau ada kesusahan sangat sulit minta tolong pada orang lain karena trauma dengan perlakuan orangtuanya
Contoh2: Temen gw, sebut saja Doni. Doni jadi anak yang bandel, lari ke hal-hal negatif, di rumah dia jadi anak lemah makanya dia mencari pelampiasan di luar. Di luar dia bringas, dll.

3. Ciri2: Orang Tua memberi kebebasan penuh terhadap anak, kekerasan fisik tidak pernah dilakukan, orang tua sibuk sekali dan hanya memberi materi terhadap anak
Akibat: anak merasa orang tua tidak sayang kepada dia, anak bandel karena kebebasan dan materi yang berlimpah, anak bisa saja mencari orang lain yang perhatian ke dia (Caper, bawel), anak tidak taat pada orangtua
Contoh: Sodara gw, sebut Andi. Andi nggak selesai kuliah, pendidikan nggak terkontrol, sering main dan menghabiskan uang. Nggak menghormati orangtuanya karena anggapannya orang tuanya nggak sayang ama dia

4. Ciri2: Orangtua sering berantem / orangtua bercerai. 
Akibat: anak bisa saja benci kepada kedua orangtuanya atau salah satu orangtuanya, menganggap dunia tidak adil, lari ke hal-hal negatif
Contoh: Liat sinetron2 aja.. hahaha.. banyak tuh! ^^

5. Ciri2: Orang tua sangat mementingkan pendidikan, tidak pernah berkomentar negatif kepada anak seburuk apapun anaknya, memberikan motivasi terus menerus kepada anak, memberikan kebebasan pada anak untuk mengemukakan pendapatnya, kalaupun anak salah ditegur 4 mata, diberi pengertian dan setelah itu beres, nggak diungkit2 lagi, tidak pernah melakukan kekerasan fisik kepada anak.
Akibat: anak semangat, tidak takut untuk mengemukakan pendapat, bertumbuh karena diberi komentar positif tiap hari, kalaupun salah, anak bisa menyadarinya.
Contoh: Ben Carson (Gifted hands).. hoaa, merinding gw liat cara ortunya mendidik... Gw jadi punya gambaran gimana mendidik anak gw besok (klo uda nikah, sekarang mah santai2 dulu).. hahaha.. gw suka waktu mamanya dikasih laporan klo rapor ben merah smua... klo orang indo pasti udah bilang, "Bego! goblok! dll" -> komentar negatif, tapi coba perhatiin di film ini, "Ben, kamu tidak bodoh! Kamu hanya belum menggunakan kepandaianmu. Seluruh isi dunia ada di sini (memeluk n memegang kepalanya)"... Wow... 

Oke, baru itu garis-garis besar haluan survey yang gw dapetin... yeah, gw dapet inspirasi dari Ben Carson... Cobalah care dengan sekelilingmu n liat seperti apa mereka.. hehehe.. ^^... Moga bermanfaat... GBU


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar